Dewan Anugrah Desa Wisata Kunjungi Desa Batulicin Irigasi

Penulis detikban - 08 Agu 2024

1590
[addtoany]
screenshot-1723081505788

Detik Banua.co.id, BATULICIN – Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu mendapat kunjungan Dewan Anugrah Desa Wisata 2024, Rabu (7/08/2024).

Kunjungan tersebut dalam rangka penilaian desa wisata agro techno park (ATP). Dimana Desa Batulicin Irigasi masuk sebagai finalis 50 besar Anugrah Desa Wisata (ADWI) sebagai kawasan terpadu pertanian dan pariwisata.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinas Budporapar) Tanbu, Syamsudin mengatakan. Dewan Juri ADWI 2024 dari Kementerian Pariwisata untuk mengkroscek semua kriteria yang telah di miliki oleh Desa Batulicin Irigasi.

“Pemerintah Daerah Tanah Bumbu terus mematangkan Desa Agro Techno Park untuk ADWI 2024,” ujarnya.

Syamsudin mengatakan ada sejumlah kategori yang langsung di cek kelapangan. Salah satunya tempat pengelolaan sampah sebagai indikator yang sangat menunjang kelengkapan Desa Wisata Agro Techno Park ini. Selain itu, ada beberapa tempat lainnya yang termasuk dalam penilaian yang di kunjungi.

Ia juga mengakui peran Kepala Desa Batulicin Irigasi dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sangat luar biasa. Terlebih, saat ini Desa Batulicin Irigasi telah terpilih sebagai finalis 50 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2024.

Kepala Desa Batulicin Irigasi, Supriyadi mengaku bangga dan optimis desanya bisa mengukir prestasi di tingkat nasional.

“Saat ini, kami terus berbenah dalam persiapan penilaian lebih lanjut karena telah masuk sebagai finalis 50 besar,” ungkapnya.

Supriyadi optimistis Desa Wisata Agro Techno Park ini dapat menarik minat wisatawan untuk datang ke Desa Batulicin Irigasi.

Sementara itu, Dewan Juri ADWI Tahun 2024, Agus Wiyono mengatakan Desa Wisata Agro Techno Park ini perlu pengecekan lebih lanjut. Apakah sesuai dengan kreteria yang telah di laporkan. Atau perlu pembenahan sehingga desa ini layak mengikuti Award yang lebih tinggi tingkatannya.

maskot-pemilu
baner2
ayo-vote-menangkan-video-wonderful-indonesia-di-unwto-award-170906x_3x2-rev170907
HARI JADI TANBU